4 Permasalahan Startup di Indonesia yang Perlu Diwaspadai

  • Whatsapp
4-Permasalahan-Startup-di-Indonesia-yang-Perlu-Diwaspadai
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Seiring perkembangan teknologi dan zaman yang semakin maju, kian banyak juga pengusaha yang mendirikan perusahaan startup sebagai salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Namun, membangun startup tak bisa sembarangan, banyak permasalahan startup di Indonesia yang harus diwaspadai.

Pengertian Startup

Startup merupakan perusahaan rintisan yang didirikan oleh satu atau lebih pengusaha dan belum lama dioperasikan. Seperti namanya, perusahaan ini masih dalam tahap pengembangan atau mencari ritme, target, dan pengelolaan yang tepat.

Namun, banyaknya masalah yang dihadapi startup menjadikan tantangan tersendiri, jika tak mampu melewati tantangan tersebut maka bisa jadi startup yang didirikan malah gulung tikar. Karenanya, berikut ini 4 permasalahan startup dan perlu diwaspadai.

1. Perkembangan Teknologi

Teknologi tak akan pernah mati dan akan terus berkembang menjadi produk-produk yang mengikuti kebutuhan pasar dan konsumen. Dibutuhkan inovasi-inovasi yang mumpuni serta ketangguhan diri untuk tidak cepat puas pada hasil agar perusahaan startup yang dibangun bisa bertahan dan berkembang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ialah stabilitas, keamanan, dan menentukan target pasar skala global. Dengan begini, startup Anda tak akan mudah goyah dan terus dibutuhkan masyarakat terlebih jika memiliki dampak positif yang langsung bisa dirasakan oleh banyak orang.

2. Manajemen Keuangan

Pepatah mengatakan ‘gunakanlah uang perusahaan layaknya uangmu sendiri, lalu berhematlah’. Kiasan ini kiranya tepat dipraktikan bagi Anda yang ingin atau baru saja membangun startup.

Kelalaian mengelola keuangan merupakan satu dari sekian banyak faktor yang bisa menyebabkan startup bangkrut bahkan gagal sebelum berkembang. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang tidak menguntungkan. Anda harus mempergunakan uang Anda secara cerdas dan tepat agar tidak habis untuk keperluan yang tidak penting.

3. Manajemen Kepemimpinan

Perkembangan perusahaan akan membawa permasalahan yang lebih kompleks juga pada perusahaan. Karenanya dibutuhkan manajemen kepemimpinan yang baik. Karena menurut hasil survei karyawan yang bahagia akan lebih fokus bekerja dan memberikan kepuasan pada pelanggan. Namun jangan lupakan disiplin.

4. Sumber Daya Manusia

Jangan lupa untuk menjaga kualitas SDM di perusahaan Anda dengan peraturan-peraturan ketat dan sesuai visi misi perusahaan.

Jangan sampai Anda hanya terjebak pada kemampuan skill yang ditunjukkan si calon karyawan namun ternyata tidak memiliki tujuan, visi dan misi yang selaras dengan Anda. Jika dibiarkan akan mempengaruhi kualitas perusahaan Anda dan salah satu jadi permasalahan startup di Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *