5 Cara Mengajari Si Kecil Makan Sendiri dari SehatQ

  • Whatsapp
5-Cara-Mengajari-Si-Kecil-Makan-Sendiri-dari-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Memiliki buah hati yang tengah mengalami fase tumbuh kembang jelas menjadi kebahagiaan tersendiri. Memberikan perhatian dan bantuan pada anak bukan hal aneh, tetapi Anda harus tetap mengoptimalkan kemampuan si kecil dengan membiarkan ia belajar melakukan aktivitas sendiri. Pada anak yang mulai menikmati masa MPASI, Anda bisa memasangkan celemek makan bayi agar ia lebih semangat menikmati asupan nutrisi.

Tips penting mengajari anak makan sendiri

Orangtua yang bijak akan membiarkan anak tumbuh dan berkembang sesuai kemampuan mereka. Pada jenjang usia tertentu, anak Anda akan mulai belajar makan dengan tangan sendiri, kok. Yuk, simak tips penting mengajari anak makan sendiri berikut!

1. Kenali usia ideal si kecil belajar makan sendiri

Biasanya anak-anak akan menunjukkan ketertarikan makan sendiri pada usia 9 bulan. Anda bisa merangsang perkembangan anak dengan memberikan jenis makanan kategori finger food seperti biskuit. Biarkan anak mencoba menikmati roti atau makanan yang mudah ia genggam sendiri, ya!

Pada usia lebih lanjut 13-15 bulan, anak-anak akan mulai belajar makan dengan perlengkapan feeding seperti sendok, garpu atau mangkuk sendiri. Meski mereka masih makan berantakan, Anda bisa melihat antusiasme si kecil belajar makan sendiri. Nantinya mereka akan tumbuh semakin mandiri pada usia 18-24 bulan dan bisa makan sendiri pada usia di atas dua tahun. Jika Anda khawatir anak makan berantakan dan mengotori pakaian, gunakan celemek makan bayi yang mendukung pembelajaran makan sendiri.

2. Pilih peralatan makan yang aman

Agar si kecil lebih antusias menikmati makanan, Anda bisa memberikan peralatan makan yang terbuat dari bahan aman dan terdaftar SNI. Pilih peralatan makan seperti garpu, sendok, mangkuk, dan gelas yang tidak tajam serta tidak mudah pecah, ya!

3. Memberikan menu makan yang lembut

Anak usia lebih kecil masih belum memiliki sistem pencernaan yang baik sehingga Anda harus mendukung kesehatan mereka dengan memberikan menu makan lebih lembut. Mau memberikan kentang tumbuh, oatmeal atau potongan buah yang bertekstur lembut, kenapa tidak?

4. Memotong makanan dengan ukuran lebih kecil

Supaya anak bisa belajar makan dengan baik tanpa risiko tersedak, Anda bisa memberikan makanan dalam bentuk potongan kecil. Bila memberikan roti atau biskuit bayi, berikan jenis roti yang memiliki bentuk lebih mudah digenggam.

5. Tetap pantau dan berikan bantuan

Jangan takut baju anak akan menjadi kotor sebab Anda bisa memasangkan celemek. Review dari orangtua berpengalaman lain, ada anak-anak yang tahu fungsi celemek dengan baik. Meski ada beberapa bagian yang tetap mengenai pakaian pun, Anda tetap bisa mentolerir hal tersebut demi tumbuh kembang yang optimal. Berikan bantuan bila si kecil belum bisa menyendok atau menjatuhkan makanan dari mangkuknya, ya!

Beberapa tips penting dalam mengajari anak belajar makan sendiri bisa menjadi referensi penting untuk orangtua. Anda tidak perlu cemas atau kaget bila anak melempar makanan, membuang makanan dari mangkuk atau enggan menyentuh garpu atau sendoknya. Memberikan kesabaran dan pengertian secara konsisten merupakan cara terbaik dalam mendidik buah hati tercinta Anda.

Yuk, berikan celemek makan bayi yang memiliki motif lucu atau warna favorit anak guna mendukung pertumbuhan mereka! Anak akan belajar makan sendiri sesuai perkembangan usia asal Anda tetap rajin melatihnya setiap hari. Jika memiliki keluhan seputar anak yang tidak mau makan, nafsu makan menurun atau berat badan kurang ideal, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terbaik di SehatQ! Dapatkan ragam informasi kesehatan menarik, termasuk booking dokter lebih mudah untuk konsultasi dan perawatan kesehatan si kecil!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *