5 Penyebab Mobil Sering Mati Mendadak

  • Whatsapp
5-Penyebab-Mobil-Sering-Mati-Mendadak
Foto dari commons.wikimedia.org

Bepergian menggunakan mobil terbilang cukup praktis. Kendaraan roda empat ini bisa menampung penumpang lebih dari dua sekaligus menyimpan barang-barang. Namun, perjalanan menjadi tidak nyaman jika mobil yang kamu kendarai sering mati mendadak. Mau tidak mau, Anda harus mencari bengkel resmi Mazda terdekat untuk segera mengatasi masalah tersebut.

Mobil yang sering mati mendadak memang sangat menjengkelkan. Saat diburu oleh waktu, mau tidak mau kamu harus menggunakan transportasi umum. Ini tentu saja memakan waktu lebih lama juga mengeluarkan uang yang cenderung tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab mobil mati mendadak agar bisa ditangani dengan tepat.

Setidaknya ada lima penyebab mobil mati mendadak, yaitu sebagai berikut.

 

1. Adanya Masalah Pada Alternator

Mobil yang sering mati mendadak bisa jadi disebabkan oleh alternator yang bermasalah. Alternator ini berfungsi untuk menyuplai listrik ke aki dengan mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Jika komponen ini rusak atau mengalami gangguan, aki tidak bisa lagi diisi, sehingga mobil tidak bisa berfungsi dengan baik alias sering mati. Oleh karena itu, sering-seringlah mengecek alternator mobil Anda.

2. Kehabisan Bensin

Saat berkendara jarak jauh, pastikan Anda mengisi bensin terlebih dahulu. Jika perlu, penuhi tangki bensin Anda. Pasalnya, bensin yang kosong seringkali menjadi penyebab mobil selalu mati sendiri. Biasanya, ini disebabkan oleh kelalaian pengendara yang tidak mengecek dulu meteran tangki bensin saking asyiknya mengemudi.

Selain itu, mobil yang mati mendadak juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada asupan bensin. Pompa bensin yang rusak menyebabkan bensin tidak bisa mengaliri mesin secara optimal. Periksa juga bagian selangnya, siapa tahu penyebabnya adalah selang yang rusak atau bocor.

3. Starter Mobil Bermasalah

Untuk menyalakan mobil, Anda tentu saja akan menggunakan starter mobil, baik itu secara manual maupun otomatis. Namun, jika starter mobil (ignition switch) tersebut mengalami gangguan yang cukup serius, mobil mesin jadi suka tiba-tiba mati. Ini tentu saja sangat mengganggu karena Anda harus menyalakan mobil secara berkali-kali. Belum lagi Anda juga akan terganggu dengan suara klakson dari mobil belakang karena jalannya terganggu oleh mobil Anda yang mogok.

Dalam beberapa kasus, starter mobil bisa menjadi penyebab mobil sering mati sendiri. Ini dikarenakan tenaga ke sistem pengapian dan juga bahan bakar mengalami gangguan. Jika benar-benar tidak bisa diperbaiki sendiri, Anda harus membawa mobil tersebut ke bengkel resmi Mazda di sekitar Anda. Dengan demikian, masalah pun bisa diatasi dengan tepat.

4. Adanya Masalah ada Pengapian dan Asupan Udara

Masalah lainnya yang menyebabkan mobil sering mati sendiri adalah adanya gangguan pada sistem pengapian dan asupan udara. Sistem pengapian merupakan pusat kinerja mesin, sehingga mobil akan sering mati jika ada masalah pada komponen tersebut. Biasanya, koil dalam sistem pengapian tersebut sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. Periksa juga sekering mesin apakah putus atau tidak.

Selain itu, cek juga sistem asupan udara pada mobil Anda. Ini sangat penting karena komponen tersebut berperan dalam proses pembakaran mesin. Asupan udara ke mesin tidak akan bekerja optimal jika komponen air cleaner, filter udara, dan box air cleaner mengalami gangguan.

5. Mobil Mengalami Overheat (Mesin terlalu panas)

Mobil yang terlalu panas juga bisa menyebabkan mesin mati mendadak. Ini bisa saja disebabkan oleh kondisi air radiatornya yang kering atau bermasalah. Jika radiator kekurangan cairan, sebaiknya isi terlebih dahulu dengan air bersih apalagi jika Anda akan melakukan perjalanan jauh. Untuk itu, selalu sedia beberapa liter air di dalam mobil untuk mengisi air radiatornya.

Itulah lima penyebab mobil sering mati mendadak. Jika masalahnya masih belum diketahui, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi Mazda terdekat. Di sana, mobil Anda akan mendapatkan perawatan secara maksimal sekaligus pelayanan service. Dengan demikian, masalah pada mobil Anda bisa ditangani secara tepat oleh ahlinya.

Jangan malas untuk service mobil Anda di bengkel resmi. Dengan begitu, mobil Anda akan lebih panjang umur dan Anda lebih nyaman saat mengendarainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *