5 Tips Keselamatan Bermain di Pantai saat Liburan

  • Whatsapp
5-Tips-Keselamatan-Bermain-di-Pantai-saat-Liburan

Bermain di pantai bisa menjadi salah satu alternatif liburan. Namun, Anda tetap harus waspada saat berada di sana. Setiap tempat pasti memiliki peraturan dan tata tertibnya masing-masing. Oleh karena itu patuhi dan terapkan juga tips keselamatan bermain di pantai berikut ini agar liburan Anda semakin nyaman dan mengesankan.

1. Pergi Ramai-Ramai

Usahakan Anda pergi ke pantai bersama-sama dengan orang terdekat. Lebih seru pergi bersama daripada pergi sendirian. Selain Anda bisa bermain bersama dan menikmati fasilitas permainan yang ada di panti, setidaknya pergi bersama dapat mencegah Anda dari bahaya. Misalnya terseret ombak, terkena gigitan binatang dan lain sebagainya.

2. Bermain dengan Pasir Kering

Apabila Anda hendak bermain pasir di pantai, usahakan memilih pasir yang kering saja. Cari dan temukan titik atau spot yang bagus, aman, serta jauh dari air pantai. Apalagi kalau Anda ingin mengubur badan atau kaki di pasir. Jangan mencari pasir yang basah. Pasalnya pasir yang basah bisa menjebak Anda dan membuat kesulitan bergerak apabila ada ombak datang. Semakin dekat dengan pantai, semakin tinggi juga risiko terkena bahaya yang bisa terjadi.

3. Hati-Hati dan Terus Waspada

Apabila Anda pergi bersama keluarga dan membawa anak, pastikan Anda selalu mengawasinya selalu. Jangan membiarkan anak pergi mengeksplor pantai sendirian. Di mana ada anak, orangtua harus menyertainya. Jangan lupa juga untuk memasangkan pelampung pada anak saat anak bermain.

4. Pakai Alas Kaki

Saat bermain di pantai, usahakan selalu menggunakan alas kaki. Baik itu sepatu atau sandal. Hal ini dapat mencegah Anda terluka yang disebabkan adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya cangkang kerang, pecahan logam, pecahan kaca, atau hal lainnya.

5. Waspada dengan Air Laut

Saat Anda bermain di pantai, usahakan terlebih dahulu memahami kualitas air laut. Apakah air laut itu murni air laut atau air laut tersebut mengandung racun atau cairan lainnya yang disebabkan oleh pembuangan sisa limbah. Oleh karena itu, hindari pantai yang mengandung air sisa limbah dan segera bilas anggota badan apabila setelah bermain di pantai.

Bilas dengan air bersih dan pastikan tidak ada kandungan garam air laut yang menempel pada tubuh. Pasalnya air laut mengandung garam yang bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang apabila belum terbiasa. Selain itu, kandungan garam yang ada di air laut, juga dapat menyebabkan kulit kering dan gatal apabila tidak segera dibilas dengan air bersih.

Nah, itulah beberapa tips keselamatan bermain di pantai yang bisa Anda terapkan. Jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan keselamatan dari pihak manajemen pantai. Apabila Anda bermain wahana air, pastikan juga Anda berada dalam pengawasan menara penjaga pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *