Artikel Kesehatan SehatQ.com, Siapa Bilang Merawat Gigi itu Sulit?

  • Whatsapp
Artikel-Kesehatan-SehatQ.com-Siapa-Bilang-Merawat-Gigi-itu-Sulit
Foto dari Canva Pro

Ada banyak artikel kesehatan tentang cara merawat gigi. Gigi yang sehat punya peranan yang sangat penting, karena selain memperindah senyum, gigi merupakan salah satu aset penting untuk kesehatan manusia. Merawat gigi sebenarnya tidak repot bila telah dibiasakan sedari dini, terutama kebiasaan menyikat gigi paling tidak dua kali sehari.

Anda juga bisa melakukan perawatan ekstra, seperti membersihkan gigi secara rutin ke dokter gigi, sampai upaya memutihkan gigi. Selain itu, ada langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat gigi secara alami dan mudah. Di bawah ini, kami merangkum beberapa tips merawat gigi. Baca terus untuk mencari tahu!

Tips Sederhana Merawat Gigi

1. Tidak Merokok

Hal pertama yang harus Anda hindari dalam merawat gigi secara mandiri ialah menghindari aktivitas merokok. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan penguningan pada gigi, perubahan bau mulut tak sedap, sampai penumpukan plak yang berisiko membuat gigi berlubang hingga resiko berbahaya lain untuk kesehatan gigi.

Terutama bagi Anda para perokok aktif, ketahuilah bahwa merokok berisiko tinggi menimbulkan iritasi dan infeksi pada area gusi bila dilakukan secara terus-menerus.

2. Hindari minum kopi secara berlebihan

Dalam banyak artikel kesehatan, dinyatakan bahwa meminum kopi memang memiliki dampak positif tertentu bagi kesehatan. Misalnya bagi Anda yang sedang dalam proses berdiet, meminum kopi dalam porsi tertentu diyakini dapat membantu mengurangi berat badan. Namun, perlu diketahui bahwa mengonsumsi kopi secara berlebihan memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan mulut dan gigi.

3. Menggunakan pasta gigi khusus

Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai merk pasta gigi dengan kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Salah satu kandungan penting di dalam pasta gigi adalah fluoride yang secara efektif membantu mencegah bau mulut dan memperkuat lapisan pada gigi (email).

Penggunaan pasta gigi yang tepat dan rutin dapat mengurangi risiko penumpukan plak pada gigi yang berpotensi mengakibatkan gigi berlubang. Terdapat juga bahan tambahan alami seperti mint dan sereh yang membantu mengatasi bau mulut.

Bagi Anda yang punya keluhan gigi sensitif, ada beberapa merk pasta gigi yang mengandung bahan tertentu yang efektif mengurangi gigi ngilu.

Masalah Gigi Berlubang

Beberapa tindakan di atas ialah upaya preventif yang dilakukan untuk menjaga gigi dari kerusakan. Namun, bagaimana jadinya bila gigi sudah terlanjur berlubang? Apakah ada langkah pengobatan yang dapat diambil untuk memperbaikinya?

1. Tambal Gigi

Salah satu solusi populer yang dapat dilakukan adalah melakukan proses tambal gigi. Hal ini dilakukan demi mengembalikan fungsi gigi. Prosedur tambal gigi tidak melulu karena gigi berlubang. Kondisi lain seperti terkikis atau patah juga bisa siatasi dengan prosedur yang juga disebut tambal gigi.

2. Biaya menambal gigi berlubang

Berbicara tambal gigi, tentunya sebagian dari Anda bertanya-tanya berapa kisaran biaya tambal gigi? Tentunya, satu fasilitas kesehatan satu dengan yang lain memiliki standar biaya yang berbeda. Perbedaan biaya ini juga dilihat berdasarkan seberapa parah kerusakan sampai jumlah gigi yang harus ditambal. Umumnya, untuk melakukan prosedur menambal gigi, dibutuhkan kocek senilai mulai Rp150.000 sampai Rp2.000.000.

Selain itu, perbedaan bahan tambalan pun akan menentukan berapa biaya tambal gigi. Berikut beberapa jenis tambalan untuk gigi yang populer digunakan:

  1. Aloi emas
  2. Porselen atau keramik
  3. Amalgam atau campuran beberapa logam seperti tembaga dan perak
  4. Komposit resin yang berasal dari serbuk kaca dan resin akrilik
  5. Lonomer kaca
  6. Lonomer resin

Nah, di atas sekilas artikel kesehatan mengenai cara merawat gigi sampai biaya menambal gigi yang sebaiknya Anda ketahui. Untuk mendapatkan sejumlah informasi seputar kesehatan lainnya, Anda dapat mengunjungi laman SehatQ.com dan berkonsultasi dengan dokter-dokter terkait.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *