Aturan Pengiriman Makanan ke Luar Negeri yang Penting untuk Dipahami

  • Whatsapp
Aturan-Pengiriman-Makanan-ke-Luar-Negeri-yang-Penting-untuk-Dipahami
Foto dari Canva Pro

Banyak sekali jenis produk yang sebenarnya bisa dikirimkan ke luar negeri, salah satunya adalah makanan. Sekarang berbagai jasa ekspedisi menyediakan layanan pengiriman barang bahkan berupa makanan ke negara lain termasuk Jepang. Ongkir ke Jepang maupun negara-negara lainnya juga sudah cukup terjangkau saat ini sehingga mempermudah siapa saja berkirim barang.

Pengiriman Makanan

Namun perlu dipahami bahwa pengiriman makanan tidak sesederhana pengiriman jenis barang lainnya. Makanan menjadi salah satu jenis barang yang mudah rusak di tengah jalan. Oleh sebab itu harus ada aturan khusus yang diberlakukan jika Anda mengirimkan makanan ke luar negeri. Berikut adalah beberapa aturan yang penting untuk dipahami:

1. Harus Sudah BPOM

Makanan yang akan dikirimkan harus sudah memiliki izin BPOM. Ini merupakan salah satu syarat penting yang harus dipenuhi. Makanan yang tidak berizin BPOM tidak akan bisa lolos pemeriksaan sehingga tidak bisa lanjut pengiriman. Jadi silakan periksa kembali jenis makanan yang akan dikirim. Pastikan makanan tersebut memang aman dan bukan jenis makanan yang ilegal.

2. Disetujui oleh Jasa Ekspedisi

Pengiriman makanan hanya bisa dilakukan jika disetujui oleh jasa ekspedisi. Artinya, Anda harus berdiskusi dulu dengan jasa ekspedisi yang akan bekerja sama. Tanyakan apakah mereka menawarkan jasa pengiriman makanan ke luar negeri atau tidak. Diskusikan juga ongkir ke Jepang atau negara tujuan lainnya. Apabila jasa ekspedisi memang menyetujui pengiriman makanan tersebut maka tidak masalah.

3. Disertai Informasi Detail Makanan

Aturan lain yang harus diperhatikan adalah makanan yang akan dikirim perlu dilengkapi dengan informasi detail. Perlu dituliskan informasi detail meliputi bahan apa saja yang digunakan dalam produk makanan tersebut. Hal ini penting untuk disertakan sebagai acuan pemeriksaan apakah makanan memang layak untuk dikirimkan ke negara lain atau harus diberhentikan.

4. Packing Harus Aman

Kunci penting pengiriman barang apalagi untuk jenis makanan adalah packing. Packing atau pengemasan barang harus aman dan benar-benar rapat. Makanan yang dikirim harus terjaga dengan baik di kemasan yang tepat. Gunakan lapisan pelindung serta wadah yang menggunakan seal rapat untuk memastikan barang aman sampai ke tujuan.

5. Makanan Harus Tahan Lama

Produk makanan yang dikirimkan ke luar negeri juga harus merupakan jenis makanan yang tahan lama. Tentunya proses pengiriman barang menuju negara lain butuh waktu yang tidak singkat. Anda harus memilih jenis makanan yang memang punya ketahanan baik. Paling tidak makanan memiliki umur simpan lebih dari 6 bulan sehingga tidak akan membuatnya rusak di tengah jalan.

Itulah tadi beberapa aturan penting yang harus dipahami jika ingin mengirim makanan ke luar negeri. Sebelum menggunakan layanan jasa ekspedisi, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Tanyakan berbagai informasi terkait pengiriman barang termasuk ongkir ke Jepang atau negara tujuan lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *