Mengenal Ragam Fungsi Invoice bagi Sebuah Usaha

  • Whatsapp
Mengenal-Ragam-Fungsi-Invoice-bagi-Sebuah-Usaha
Foto dari Canva

Invoice memiliki peran penting dalam sebuah pengelolaan finansial usaha Anda. Invoice dapat diartikan sebagai dokumen yang memuat daftar barang kiriman serta keterangan nama, jumlah, juga harga barang. Contoh invoice bisa Anda lihat secara langsung di internet dan jenisnya sangat bervariasi tergantung pada pihak yang mengeluarkan invoice tersebut.

Fungsi Invoice

Tak hanya sekadar dokumen dengan data di dalamnya, invoice ini memiliki fungsi yang sangat penting. Tak heran jika para pelaku usaha harus benar-benar mempersiapkan invoice ini dengan sebaik mungkin. Berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari invoice:

Read More

1. Tanda Bukti Transaksi

Fungsi utama dari invoice adalah menunjukkan tanda bukti transaksi yang dilakukan oleh pembeli atau konsumen. Masyarakat awam biasa mengenal invoice ini dengan sebutan nota pembelian. Artinya memang dalam invoice tersebut terdapat data atau informasi yang menunjukkan bahwa telah terjadi transaksi pembelian dengan jumlah tertera dalam invoice.

Seperti kita tahu bahwa tanda bukti dalam setiap transaksi sangatlah penting. Apalagi jika transaksi yang dilakukan bernilai besar dan kapasitasnya banyak. Tentunya dibutuhkan bukti yang sah dan kuat sebagai pengikat antara pihak penjual dan pembeli.

2. Informasi Data Tagihan

Transaksi pembelian bisa dilakukan dalam berbagai cara. Ada pembelian yang dilakukan dengan pembayaran kontan dan ada pula yang menggunakan sistem tagihan. Invoice akan menjadi dokumen yang menyediakan informasi data tagihan jika pembeli menggunakan metode pembayaran bertahap atau cicilan.

Pada sistem pembayaran bertahap harus ada catatan lengkap, berapa jumlah total uang yang ditransaksikan dan berapa kali tahap pembayarannya. Selain itu harus ada kejelasan data berapa banyak uang yang harus dibayarkan dalam setiap kali pembayaran. Semua ini bisa tercatat secara rapi dan jelas dalam sebuah invoice.

3. Bukti Pembayaran Pajak

Invoice juga bisa menjadi sebuah bukti pembayaran pajak. Manfaat ini akan dirasakan oleh pelaku usaha yang memiliki kewajiban membayar pajak usaha yang dijalankan. Dengan adanya invoice maka bisa dibuktikan dengan pasti bahwa bisnis Anda tersebut sudah membayar pajak. Contoh invoice pembayaran pajak bisa Anda temukan langsung di internet.

4. Rujukan saat Ada Kesalahan Pengiriman

Invoice juga bisa berperan sebagai rujukan ketika ada kesalahan pengiriman barang. Dalam dunia bisnis, kesalahan pengiriman ini sangat mungkin terjadi. Apabila terjadi kesalahan tersebut maka pihak penjual bisa dengan mudah menelusuri catatan transaksi melalui invoice. Anda sebagai pebisnis juga tidak akan merasa dirugikan dan bisa segera menyelesaikan masalah pengiriman tadi sesuai invoice.

5. Acuan Penyusunan Laporan

Pembuatan laporan keuangan dalam sebuah bisnis sangatlah penting untuk dilakukan. Apabila Anda ingin bisnis berjalan lancar dan terus berkembang maka penyusunan laporan harus dilakukan sebaik mungkin. Salah satu dokumen yang bisa menjadi acuan dalam penyusunan laporan adalah invoice karena invoice ini memuat beragam jenis transaksi.

Ketika menyusun laporan keuangan, Anda pasti akan membutuhkan data uang masuk dan keluar. Invoice ini menjadi acuan atau sumber penting untuk mengetahui berapa banyak uang masuk dan keluar serta apa saja tujuan penggunaannya. Jadi laporan keuangan tadi bisa benar-benar disusun secara akurat karena ada bukti aslinya yaitu invoice.

Itulah tadi beragam fungsi dari invoice. Contoh invoice ini bisa Anda dapatkan langsung dari berbagai sumber bahkan bisa dari pengalaman transaksi Anda sendiri. Invoice ini juga bisa jadi dokumen penting dalam berinvestasi. Apalagi jika Anda memilih jenis investasi P2P lending. P2P lending adalah sistem investasi yang menerapkan perjanjian antara pembeli dan penjual sehingga butuh invoice.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *