Punya Motor Matic Sering Mogok? Berikut Tips Merawat Aki Kering Motor Agar Tahan Lama

  • Whatsapp
Punya-Motor-Matic-Sering-Mogok-Berikut-Tips-Merawat-Aki-Kering-Motor-Agar-Tahan-Lama
Foto dari Canva Pro

Aki kering seringkali lebih diminati karena memiliki perawatan yang minim dan tidak membutuhkan pengisian ulang secara berkala sebagaimana aki basah. Namun, aki ini biasanya hanya dapat bertahan dalam jangka waktu 1 tahun dan dapat bertahan hingga 2-3 tahun. Lantas, bagaimana tips merawat aki kering motor agar awet?

Trik Ampuh Merawat Aki Motor Agar Awet

1. Gunakan Motor Secara Rutin

Rutin menggunakan motor dapat menghasilkan aliran listrik yang berasal dari reaksi cairan elektrolit dengan pelat elektroda. Aliran listrik tersebut yang membantu agar aki dapat selalu digunakan. Oleh karena itu, menyalakan motor setiap hari dalam waktu 10 hingga 15 menit menggunakan starter elektrik maupun kickstarter sangat disarankan untuk menjaga aki motor anda.

2. Matikan Sistem Kelistrikan Saat Motor Tidak Menyala

Setelah menyalakan lampu ketika berkendara di malam hari, tak jarang bila diantara anda langsung mematikan motor setelah digunakan tanpa mematikan kondisi lampunya. Hal ini dapat menyebabkan kestabilan suplai tegangan listrik motor. Terlebih lagi ketika lampu masih menyala seiringan dengan menyalakan mesin.

Kondisi tersebut seringkali banyak diperhatikan oleh produsen motor, sehingga banyak motor yang sudah dimodifikasi menggunakan sistem pencahayaan otomatis. Namun, bagi anda yang masih menggunakan motor dengan lampu manual, sebaiknya kondisi ini perlu diperhatikan agar tidak merusak aki kering motor anda.

3. Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Selain itu, tips merawat aki kering motor juga dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan secara berkala agar tidak terjadi suatu masalah. Beberapa masalah aki yang dapat terjadi dapat berupa kondisi terminal yang berkerak putih karena sambungan aki longgar, kondisi arus listrik tidak stabil dan kebocoran bodi aki.

4. Tidak Memasang Aksesoris Yang Membutuhkan Listrik Secara Berlebihan

Begitu pula, aksesoris yang membutuhkan listrik dapat menyebabkan aki motor anda memiliki beban yang terlalu banyak. Akibatnya, sistem kelistrikan motor dapat terganggu karena kondisi tersebut. Oleh karena itu, modifikasi motor sebaiknya dilakukan dengan seperlunya tanpa membebani kondisi aki motor anda.

Aki motor perlu dilakukan perawatan karena fungsi aki yang sudah mengalami permasalahan dapat menyebabkan kondisi motor susah untuk dinyalakan. Terlebih lagi, bagian mesin danĀ  kelistrikan lain yang terdapat motor anda sudah tidak lagi berfungsi. Oleh karena itu, beberapa tips di atas dapat dilakukan untuk menjaga kondisi motor agar tetap stabil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *