Waspadai 5 Gejala Stroke Ringan yang Menyerang Usia Muda Bersama SehatQ

  • Whatsapp
Waspadai-5-Gejala-Stroke-Ringan-yang-Menyerang-Usia-Muda-Bersama-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Di Indonesia, stroke merupakan salah satu pembunuh nomor satu yang menyerang lansia. Tidak hanya usia tua saja, informasi terkini menyebut bahwa penyakit kardiovaskuler bisa melanda kaum muda. Apalagi gaya hidup yang tidak sehat menjadi pemicu risiko pada usia produktif dibawah 35 tahun. Anda pasti sudah menemukan banyak kasus kardiovaskuler yang merenggut nyawa seseorang di sekitar. Jika Anda masih awam terkait direktori penyakit yang bisa melanda usia muda, sebaiknya segera mencari informasi yang kredibel.

Deteksi awal gejala stroke ringan

Stroke ringan atau lebih dikenal dengan nama TIA (Transient ischaemic attack) memiliki gejala awal yang tidak boleh Anda abaikan. Jika gejala hilang dan timbul dirasakan terus-menerus, Anda harus segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Berikut beberapa gejala awal skala ringan hingga tahap serius yang harus diwaspadai yaitu :

1. Perubahan pada indera

Perubahan indera pada pendengaran, rasa dan sentuhan menjadi gejala awal yang perlu diwaspadai. Apalagi Anda juga mengalami perubahan pada tingkat kewaspadaan, misalnya kehilangan kesadaran dan mengantuk terus menerus.

2. Mengalami perubahan mental

Acapkali orang yang memiliki keluhan perubahan ingatan, kesulitan berbicara, kesulitan menulis dan membaca hingga merasa bingung atau cemas tidak menyadari telah mengalami gejala awal TIA. Pada tahap yang lebih serius, orang yang memiliki potensi alami stroke sering merasa pusing dan kehilangan keseimbangan tubuh.

3. Mengalami masalah pada otot dan saraf

Gejala awal yang harus diwaspadai selanjutnya adalah kelemahan otot, kesulitan untuk menelan makanan, kesulitan berjalan, mati rasa, dan kesemutan pada satu bagian tubuh.

4. Kurang kontrol pada kemih dan anus

Bisa jadi Anda yang tidak bisa mengontrol keinginan untuk buang air kecil atau besar mengalami risiko penyakit yang bisa bersifat permanen ini.

5. Peningkatan tekanan darah tinggi

Penting sekali untuk memeriksakan tekanan darah tinggi Anda agar bisa mengontrol pola hidup lebih baik. Gejala perlu pemeriksaan lebih serius jika sudah mencapai tahap salah satu bagian wajah terlihat lebih turun, cara bicara menjadi kacau, pingsan, pandangan ganda atau kabur, kesemutan hingga lengan atau kaki alami kelumpuhan. Konsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak lemah bisa membuat aliran darah Anda tersumbat sehingga rentan terserang penyakit kolesterol dan hipertensi.

Gejala awal terserang TIA bisa berlangsung selama 10 menit saja atau kurang dari 4 jam menghilang sendiri. Namun, Anda harus tetap waspada meskipun gejala yang dialami bisa menghilang atau tidak sebabkan kondisi permanen. Pasalnya, gejala awal bisa rentan menyebabkan serangan TIA yang sesungguhnya seperti anggota gerak mengalami mati permanen. Harapan untuk sembuh dari stroke semakin menipis jika Anda sudah mengalami komplikasi.

Lakukan pemeriksaan berkala di klinik terpercaya SehatQ.com

Ditengah situasi pandemi yang tidak menentu, Anda harus memprioritaskan hidup sehat. Meski bekerja dari rumah, Anda tetap harus melakukan pola hidup yang sehat demi menjaga kebugaran. Jika mengalami masalah kesehatan, cari informasi lewat tag direktori penyakit di SehatQ.com, ya! Setidaknya Anda bisa mendapatkan artikel kesehatan yang berkualitas demi kualitas hidup yang lebih baik selama pandemi.

Jika Anda mengalami gejala yang mengarah pada stroke ringan, sebaiknya segera konsultasi dengan fitur Chat Dokter di SehatQ. Anda akan mendapatkan pengarahan terkait pemeriksaan yang aman selama masa pandemi dengan memilih jadwal booking sesuai kebutuhan. Tinggal pilih dokter dan rekanan rumah sakit terdekat demi meminimalisir risiko penularan virus corona saat ini. Yuk, jaga pola hidup sehat agar tidak terserang penyakit mematikan diusia produktif!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *